Senin, 25 Juni 2012

PEDAGOGI


Kata “pedagogi” berasal dari bahasa Inggris paedagogy, dari bahasa Yunani Kuno παιδαγωγέω (paidagōgeō; dari παίς país: anak dan άγω ági: memimpin; secara literal, "memimpin anak”). Pedagogi adalah ilmu atau seni mengajar anak-anak, yang merujuk kepada bagaimana menentukan strategi yang tepat dalam memberi pengajaran. pedagogik merupakan suatu ilmu, sehingga orang menyebutnya ilmu pedagogik. Ilmu pedagogik adalah ilmu yang membicarakan masalah atau persoalan-persoalan dalam pendidikan dan kegiatan-kegiatan mendidik, antara lain seperti tujuan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan, anak didik, pendidik dan sebagainya.


Pedagogi juga dipandang sebagai sebuah proses mendidik atau aktifitas mendidik yang bertujuan agar tingkah laku manusia mengalami proses pembelajaran sehingga terjadi perubahan kea rah yang lebih baik.


Mendidik adalah upaya yang disengaja yang dilakukan pihak pendidik, orang-orang yang menghendaki anak didik mengalami proses belajar. Upaya mendidik oleh pendidik memiliki predikat disengaja karena upaya ini bertujuan, berniat mendidik, dan dilakukan karena merasa bertanggungjawab dan menyayangi atau mengasihi anak didik. Di samping peristiwa-peristiwa pendidikan yang sengaja diciptakan oleh pendidik, terdapat peristiwa-peristiwa yang terjadi tanpa disengaja, bahkan mungkin suatu peristiwa yang bertentangan dengan prinsip perbuatan mendidik, tetapi berhasil mengubah seseorang menjadi lebih baik. Akan tetapi pendidikan tidak dapat sepenuhnya bertumpu pada peristiwa yang tanpa kesengajaan ini. Bagaimanapun, tujuan-tujuan mendidik bersifat fundamental, atau strategis bagi si terdidik, masyarakat, dan kemanusiaan.

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar